Postan kali ini penting nih buat ente-ente yang mau belajar bahasa Jepang secara otodidak seperti saya. Kali ini akan membahas tentang huruf nih. Vokal (penyebutan) serta konsonan. Bagian ini sangat penting dalam pengucapan bahasa Jepang. Salah penyebutan aja bisa jadi salah pengartian. Simak yuk, artikel dibawah ini ._.

Vokal
1. Lafal bahasa Jepang umumnya sama dengan bahasa Indonesia. Kalaupun ada yang berbeda maka jumlahnya hanya sedikit saja
2. Vokal dalam bahasa Jepang mengenal adanya lafal panjang dan pendek yang membawa perbedaan arti, misalnya:
Hodo (dibaca hodo) = derajat
Hodo (dibaca hodoo) = trotoir
Hodo (dibaca hoodoo) = berita
3. Vokal rangkap seperti ai au ei oi ou dalam bahasa Jepang bukan diftong melainkan dilafalkan tetap dua bunyi,seperti:
Ai dalam kata akai *merah* dilafalkan a-ka-i
Au dalam kata arau *mencuci* dilafalkan a-ra-u
Ei dalam kata heiki *tenang* dilafalkan he-i-ki
Oi dalam kata hiroi *lega* dilafalkan hi-ro-i
Ou dalam kata hirou *mengambil* dilafalkan hi-ro-u
4. Huruf u biasa tidak disebutkan jika diletakkan di belakang huruf s. Contohnya desu dibaca des *huruf u tak disebutkan*.
5. Vokal i juga tidak disebutkan jika berada di antara huruf mati seperti h dan t. Contohnya hajimemashite dibaca hajimemash’te. Begitu juga dengan kata deshita dibaca deshta.

Konsonan
1. Konsonan k,p,s dan t yang ditulis rangkap seperti dalam kata cikki, dilafalkan sedikit panjang dengan tekanan sama dengan tasjid dalam bahasa arab pada kata abbada
2. Konsonan b,d,k,m,n dan p dilafalkan sama dengan bahasa Indo
3. Konsonan g,h,n,s,t dan z dilafalkan berubah menurut letak atau vokal yang mengikutiny.
4. Konsonan r dilafalkan antara r dan i sehingga tidak menggeletar seperti dalam bahasa Indo. Dengan demikian bahasa Jepang tidak mengenal huruf L.
5. Konsonan w dilafalkan sama seperti w dalam kata wali, wakil
6. Koonsonan y dilafalkan sama seperti y dalam kata saya, kaya
7. Konsonan g pada awal kata dilafalkan seperti g dalam kata gagu, gagu, gagah, gugup. Sebagai partikel ga, g dilafalkan seperti ng dalam bahasa Indo. Demikian pula jika g berada ditengah/akhir kata seperti pada:
Nagai *panjang* dilafalkan na-nga-i
Gogo *sore* dilafalkan go-ngo
8. Konsonan h dilafalkan seperti dalam bahasa Indo, tetapi kadang-kadang dilafalkan hs seperti pada kata ano hito *orang itu* a-no-hsi-to. Didepan vokal u dilafalkan mendekati fu (bukan hu)
9. N merupakan konsonan tersendiri, apabila terletak diakhir kata dilafalkan ng seperti pada kata:
san *nyonya/tuan* dilafalkan sang
nihon *jepang* dilafalkan ni-hong
nanka *apa* dilafalkan nang-ka
10. Konsonan s didepan vokal a,u,e,o dilafalkan sama seperti dalam bahasa Indo, tetapi didepan vokal i dilafalkan seperti sh pada she dalam bahasa Inggris. Oleh karena itu si dalam kamus bahasa Jepang biasa ditulis shi
11. T didepan a,e,o dilafalkan sama seperti dalam bahasa Indo. Didepan vokal i dilafalkan seperti c dalam bahasa Indo seperti pada kata ciri, tetapi ditulis chi. Didepan vokal u dilafalkan tsu sama seperti huruf tsa dalam bahasa Arab.
12. Konsonan z didepan vokal a,u,e,o dilafalkna sama seperti pada kata zamrud, zaman. Tetapi jika didepan vokal i dilafalkan mendekati ji.

Bagaimana? Adakah yang belum mengerti? Haha.. *ketawa ala soimah* sama kayak ane. Ribet -,- tapi asyik xD