Partikel Dalam Bahasa Korea Dalam mempelajari Bahasa Korea, terlebih dahulu kita harus mempelajari partikel-partikel yang selalu ada dalam setiap kalimat. Ada 13 macam partikel yang akan dibahas yaitu:

 

1. 가 / 이

2. 는 / 은

3. 를 / 을

4.

5.

6. 에서

7. 의

8. 에게, 한테, 께

 

9. 에게서, 한테서, 께로부터, (으)로부터

10. 에서 ~ 까지, 부터 ~ 까지

11. (으)로

12. 보다

13. 제일 / 가장

 

1. 가 / 이

 

Penanda Subjek (Subject Marker)

♥ Digunakan untuk menunjukkan subjek suatu kalimat.

♥ Dilekatkan pada kata benda yang berkedudukan sebagai subjek.

♥ 가 : jika kata benda berakhir dengan huruf vokal.

♥ 이 : jika kata benda berakhir dengan huruf konsonan.

♥ Ketika 가 dilekatkan pada kata-kata berikut, maka akan berubah menjadi:

나 + 가 = 내가 (Aku)

저 + 가 = 제가 (Saya)

너 + 가 = 네가 (Kamu)

누구 + 가 = 누가 (Siapa)

♥ Contoh:

 

그 사람이 책을 읽어요.

Geu sarami chaegeul ilgoyo.

Dia membaca buku.

He reads a book.

 

비가 와요.

Biga wayo.

Hujan turun.

 

2. 는 / 은

 

Penanda Topik (Topic Marker)

♥ Digunakan untuk menunjukkan suatu topik pembicaraan. Bisa juga digunakan sebagai penanda subjek.

♥ Berbeda dengan 가 / 이 , 는 / 은 digunakan untuk menunjukkan kontras dan penekanan.

♥ Dilekatkan pada kata benda, adverb, atau lainnya.

♥ 는 : jika kata benda berakhir dengan huruf vokal.

♥ 은 : jika kata benda berakhir dengan huruf konsonan.

♥ Contoh:

 

이 잭이 싸요. 그책은 비싸요.

I chaegi ssayo. Geu chaegeun bissayo.

Buku ini murah. Buku itu mahal.

 

물이 차가워요. 커피는 따뚯해요.

Muri chagawoyo. Kopineun ttattut-haeyo.

Air dingin. Kopi hangat.

 

♥ Penulisan 는 / 은 dalam kalimat kadang bisa disingkat menjadi Subjek + ㄴ.

 

난 시장에 가요.

Nan sijang-e gayo.

Aku pergi ke pasar.

 

3. 를 / 을

 

Penanda Objek (Object Marker)

♥ Digunakan untuk menunjukkan objek dari suatu kalimat.

♥ Dilekatkan pada kata benda yang berkedudukan sebagai objek.

♥ 를 : jika kata benda berakhir dengan huruf vokal.

♥ 을 : jika kata benda berakhir dengan huruf konsonan.

♥ Contoh:

 

그 사람이 책을 읽어요.

Geu sarami chaegeul ilgoyo.

Dia membaca buku.

 

난 한국어를 공부합니다.

Nan hangugo-reul gongbuhamnida.

Saya belajar Bahasa Korea.

 

♥ Penulisan 를 / 을 dalam kalimat kadang bisa disingkat menjadi Objek + ㄹ.

 

언니는 절 말했어요.

Onni-neun jol malhaetsoyo.

Kakak berbicara kepada saya.

 

4. 도

 

♥ Sama dengan ‘also / too’ dalam tatanan Bahasa Inggris.

♥ Dilekatkan pada kata yang berperan sebagai subjek atau objek dalam sebuah kalimat.

♥ Contoh:

 

연필이 있어요. 지우개도 있어요.

Yonpiri issoyo. Jiugae-do issoyo

Ada pensil. Ada penghapus juga.

 

나도 사랑해요.

Na-do saranghaeyo.

Aku juga cinta kamu.

 

5. 에

 

Memiliki dua fungsi sbb:

1.Berfungsi sebagai penunjuk arah / waktu / tempat (sama dengan ‘in / at / to’ dalam tatanan Bahasa ……..Inggris).

2.Menghitung satuan unit (sama dengan ‘a / per / by’ dalam tatanan Bahasa Inggris).

Penunjuk tempat / waktu / arah

 

Sebagai penunjuk tempat:

학생이 교실에 있어요.

Haksaengi gyosire issoyo.

Pelajar ada di kelas.

 

Sebagai penunjuk waktu:

 

아침 5시에 이러나요.

Achim dasotsi-e ironayo.

Saya bangun pada jam 5 pagi.

 

Sebagai penunjuk arah:

은행이 가요.

Eunhaeng-i gayo.

Saya pergi ke bank.

 

 

Menghitung satuan unit

 

천 루피아에 세 개이에요

Chon rupiah-e se gae-ieyo.

Rp 1.000 per tiga buah.

 

6. 에서

 

♥ Memiliki tiga fungsi sbb:

1.Berfungsi sebagai indikator titik awal (sama dengan ‘from’ dalam tatanan Bahasa Inggris).

Contoh:

인도네시아에서 왔어요.

Indonesia-eso wassoyo.

Saya datang dari Indonesia.

 

Dalam bahasa lisan, 에서 biasa disingkat menjadi 서.

Contoh:

인도네시아서 왔어요.

Indonesia-so wassoyo.

 

2.Tempat dimana sebuah aktivitas berlangsung (sama dengan ‘at / in’ dalam tatanan Bahasa Inggris).

Contoh:

교실에서 공부해요.

Gyosireso gongbuhaeyo.

Saya belajar di kelas.

 

 

3.Sebagai subjek jika subjeknya berupa grup atau organisasi.

Contoh:

대삭완에서 주최했어요.

Daesagwan-eso juchehaessoyo.

Kedutaan besar menyelenggarakan itu.

 

 

7.의

 

Menyatakan Kepemilikan (Possessive)

♥ Digunakan untuk menunjukkan kepemilikan suatu benda. Sama dengan ‘of’ dalam tatanan Bahasa Inggris.

♥ Dilekatkan pada kata benda. Jika 의 bertemu dengan 나 / 너 / 저, maka:

나 + 의 = 내

너 + 의 = 네

저 + 의 = 제

♥ Contoh:

 

노래의 제목을 몰라요.

Norae-eui jemogeul mollayo.

Saya tidak tahu judul lagunya.

 

제 운동화가 어디예요?

Je undonghwaga odiyeyo?

Dimana sepatu olahraga saya?

 

♥ Penulisan 의 dapat dihilangkan bila hubungannya sangat jelas.

 

오늘의 날씨.

Oneureui nalssi.

Cuaca hari ini.

 

menjadi:

오늘 날씨.

 

8. 에게, 한테, 께

 

Partikel Pelengkap (Dative Particle)

♥ Digunakan untuk menyatakan kepada~.

♥ 에게 : bentuk biasa.

♥ 한테 : lebih halus daripada 에게, dan biasa digunakan dalam bahasa lisan.

♥ 께 : bentuk hormat.

♥ Contoh:

친구에게 편지를 보내요.

Chin-gu-ege pyonjireul bonaeyo.

Saya mengirim surat kepada teman.

 

 

누구한테 선물을 줄 거예요?

Nuguhante sonmureul goyeyo?

Kepada siapa kamu akan memberikan hadiah?

 

 

부머님께 선물을 드릴 거예요.

Bumonimkke sonmureul deuril goyeyo.

Saya akan memberikan hadiah kepada orang tua saya.

 

9. 에게서, 한테서, 께로부터, (으)로부터

 

Partikel Pelengkap (Dative Particle)

♥ Digunakan untuk menyatakan dari (seseorang)~.

♥ 에게서……..:….bentuk biasa.

♥ 한테서……..:….biasa digunakan dalam bahasa lisan.

♥ 께로부터… :…bentuk hormat.

(으)로부터 :.. bisa digunakan untuk individu maupun organisasi

♥ Contoh:

 

친구에게서 편지를 받아요.

Chin-gu-egeso pyonjireul badayo.

Saya mendapat surat dari teman.

 

 

누구한테서 선물을 받았요?

Nuguhanteso sonmureul badassoyo?

Kamu mendapat hadiah dari siapa?

 

 

선생님께로부터 선물을 받았요.

Sonsaengnim-kkerobuto sonmureul badassoyo.

Saya mendapat hadiah dari guru.

 

학교로부터 성적표를 받아요.

Haggyorobuto songjokpyoreul badayo.

Saya menerima kartu laporan dari sekolah.

 

직장으로부터 팩스를 받았어요.

Jikjang-eurobuto paekseureul badassoyo.

Saya menerima fax dari kantor.

 

10. 에서 ~ 까지, 부터 ~ 까지

 

♥ 에서 ~ 까지…. :…. berfungsi sebagai penunjuk tempat dan menunjukkan awal-akhir suatu tempat.

………………………………..Sama dengan ‘from – to / till’ dalam tatanan Bahasa Inggris.

….부터 ~ 까지…. :…..berfungsi sebagai penunjuk waktu dan menunjukkan awal-akhir suatu kegiatan…………….

………………………………. berlangsung. Sama dengan ‘from – to / till’ dalam tatanan Bahasa Inggris.

♥ Contoh:

 

호텔에서 시내까지 가까워요?

Hotereso sinaekkaji gakkawoyo.

Apakah dekat dari hotel ke kota?

 

금요일부터 일요일까지 방학이에요.

Geumyoilbuto ilyoilkkaji banghak-ieyo.

Libur sekolah dari Jum’at sampai Minggu.

 

시계카 이 만 오 루피아부터 십만 루피아까지 있어요.

Si-gyeka i man o rupiah-buto sipman rupiah-kkaji issoyo.

Ada jam dari harga Rp 25.000 sampai Rp 100.000.

the watch costs from Rp 25.000 to Rp 100.000.

 

11. (으)로

 

♥ Memiliki dua fungsi sbb:

1.Berfungsi sebagai penunjuk arah (direction). Digunakan untuk sesuatu yang berhubungan dengan

……. pergerakan dan menunjukkan arah. Sama dengan ‘to’ dalam tatanan Bahasa Inggris.

로…….. : jika preposisi berakhir dengan huruf vokal.

으로…. : jika preposisi berakhir dengan huruf konsonan.

2.Berfungsi sebagai keterangan alat, ataupun keterangan cara. Sama dengan ‘by / with’ dalam tatanan

………Bahasa Inggris.

………… 로…….. :…. jika kata benda berakhir dengan huruf vokal.

………… 으로…. :…. jika kata benda berakhir dengan huruf konsonan.

♥ Contoh:

 

뒤로 가세요.

Dwiro gaseyo.

Silakan pergi ke belakang.

 

 

한국말로 말합시다.

Hanguk-mallo malhapsida.

Mari bicara dengan Bahasa Korea.

 

12. 보다

 

Menyatakan Perbandingan (Comparative)

♥ Digunakan untuk membandingkan dua benda. Sama dengan ‘more than’ dalam tatanan Bahasa Inggris.

♥ Dilekatkan pada kata benda (명사).

♥ Biasanya diikuti dengan adverb 더.

♥ Contoh:

 

TV가 라디오보다 더 비싸요.

TV-ga radioboda do bissayo.

.TV lebih mahal daripada radio.

 

 

13. 제일 / 가장

 

Menyatakan Perbandingan Superlatif (Superlative Comparison)

♥ Digunakan untuk menunjukkan hal yang paling ~. Sama dengan ‘the most’ dalam tatanan Bahasa Inggris.

♥ Biasanya didahului dengan 중에서 (among).

♥ Contoh:

….. 

말하기, 듣기, 읽기 중에서 뭐가 제일/가장 어려워요?

Malhagi, detgi, ilgi, jungeso muoga jeil/gajang oryowoyo?

Diantara berbicara, mendengar, membaca, mana yang paling sulit?

 

 

듣기가 제일/가장 어려워요.

Detgi-ga jeil/gajang oryowoyo.

Mendengar adalah yang paling sulit.