Hello guys! Tidak terasa tahun ajaran semester ganjil telah selesai. Bagaimana hasil pembelajaran yang teman-teman dapatkan selama semester yang lalu ini? Apa ada peningkatan? Atau ga ada perubahan sama sekali? Semoga ga menurun aja ya nilainya๐Ÿ˜€

Bagi yang hasil pembelajarannya meningkat, harus lebih giat lagi nih belajarnya supaya bisa mempertahankan nilainya dan bagi yang belum atau merasa nilai yang gue dapat kok mentok segini aja ya? Well.. elo mesti giat belajar juga.

Oke, dari pada liburan gini hanya isi dengan bengong, tiduran, jarang mandi atau main game sampai puas, mending kita belajar deh. Hari gini di isi dengan belajar? So what? Emang belajar hanya pas di sekolah atau kepepet ujian? Wkwk..

Pada postingan gue kali ini gue mau bagi curhatan pengalaman gue dalam belajar. Sebenarnya gue paling anti yang namanya belajar. Kalau ada ulangan aja gue biasanya baru baca buku catatan pas hari itu juga (รŸjangan ikuti perilaku ini). Gue yang sewaktu SD takut banget kalau ga ngerjain pr pas SMA gue malah biasa aja kalau ada pr. Bisa dibilang gue mengidap malas stadium pelajar .-.

Ini masalah serius banget, men.. rangking gue juga akibatnya makin nurun. Hingga tibalah gue di bangku kelas 3 SMA. Masa dimana tempat bimbel banyak diserbu oleh peserta UN. Karna gue pada dasarnya malas, gue juga malas ikut bimbel. Menurut gue, bimbel itu bikin capek. Pulang sekolah harus ke tempat bimbel. Untung kalau tutornya didengar, kalau gue kerjaannya cuma tidur dalam kelas, percuma duit yang dipake buat bimbel. gue cukup perhitungan dalam memakai uang, dan akhirnya memutuskan buat ga bimbel. Meskipun begitu, gue rada cemas juga soalnya teman gue yang kerjaannya malas-malasan dikelas ikut bimbel juga. Gue was-was. Mulai kebayang dipikiran gue pas nanti terima raport gue dapat ranking paling rendah. NOOOO!!!

Dari kekhawatiran gue ini, gue berusaha untuk mengobati penyakit malas gue ini. Gue mencoba fokus di kelas tapi gue tetap kurang paham pelajaran. Mau minta diulang bisa-bisa gue ditambok hampir satu kelas karna udah paham pelajarannya. Mau belajar kelompok, eh teman-teman gue sibuk pergi les.

Gue ga boleh diem aja. Gue harus tetap berusaha! Dua kalimat itu yang selalu muncul dalam pikiran gue. Suatu hari gue terpikir, selama ini hampir seharian gue ga lepas dari namanya handphone dan koneksi internet. Gue mulai berfikir. Gimana kalau cara belajar gue dari sesuatu yang gue suka dan yang sanggup gue jalani? Sanggup gue jalani maksudnya sesuai dengan gue yang bukan orang rajin tapi orang malas yang ingin kembali ke jalan yang benar (?) Terlintas dalam fikiran gue untuk belajar secara online. Kalau secara online kan gue bisa belajar dimana pun dan kapanpun. Tapi ada satu masalah. GUE BELAJAR ONLINENYA DIMANA YA?

Akhirnya gue search di google situs belajar online. Rata-rata gue dapat hasil yang gaje. Gue ubah deh kata kuncinya jadi situs belajar online yang menyenangkan dan keren *hehe*. Masih dapat hasil yang gaje juga sih. Gue sempat masuk ke kaskus. Disana gue lihat ada yang membahas situs untuk belajar online. Gue rada ga percaya sama apa yang mereka omongin. Mereka menyebutkan situs belajar online dari Indonesia yang gaul abis? Dari Indonesia dan gaul abis? Oke, disini gue cukup meremehkan.

Yaudah gue coba membuktikan apa yang mereka bilang. Gue buka Zenius.net yang dibilang kece itu. Tiga jam berlalu. Di pikiran gue yang terlintas cuma ini, โ€˜Eh kok ini postingan di Zenius ada yang nyindir cara belajar gue ya?โ€™, โ€˜Ooh.. ternyata gambar grafik dari model matematika begitu caranya.โ€™ โ€˜Gila, ternyata kimia semudah itu?โ€™ dan saat itu Zenius membuat gue merasa sia-sia belajar selama ini -___- why? Karena gue baru tau (setelah buka Zenius) cara gue dalam belajar itu salah. Dari SD sampai sekarang gue duduk di bangku SMA gue ga benar-benar paham konsep dari pelajaran yang gue pelajari. Hasilnya ya gue gampang lupa pelajarannya dan gue ga bakal ngerti dan ga mampu untuk ngerjain variasi soal.

Jujur, saat itu gue galau. Rada nyesek juga kenapa baru tau Zenius pas kelas 3๐Ÿ˜ฅ tapi gue ga boleh galau mulu. Kalau gue tetap merasa gue bodoh, gue ga bakal bisa maju. Syukur Zenius juga banyak memberikan motivasi juga tips untuk belajar seperti Self Concept, Goals and Motivation, Masalah dalam Belajar dan Solusinya, Learning How to Learn, Time Management,ย  Apa sih yang Bikin Kita Termotivasi?. Sehari gue bisa ngabisin waktu berjam-jam buat online, bukan buat buka sosmed tapi Zenius :3

Karna gue udah candu banget buka Zenius, akhirnya gue beli deh vouchernya supaya bisa akses semua konten yang ada di Zenius. Sepulang sekolah kalau ada pelajaran yang gue ga ngerti, buka Zenius. Mau ulangan besok, buka Zenius. Pas di sekolah ga paham pelajaran, buka Zenius. Begitulah keseharian gue. Belajar, belajar, dan belajar di temani tutor-tutor gawl Zenius.

Beberapa minggu pake Zenius gue ngerasa gue tambah pintar xD ulangan harian gue udah jarang kena remedial ataupun dapat nilai pas KKM. Pas UTS juga nilai gue kece-kece semua. Asli keren nih Zenius. Nilai raport gue semester ini juga mengalami peningkatan. Zenius sesuatu yah.

Intinya, Zenius itu media belajar yang keren abis. Lo cuma perlu komputer/laptop/handphone atau apapun itu yang support untuk layanan internet dan paket internet untuk belajar di Zenius. Pokoknya Zenius ngaruh banget di gue. Mengubah cara berfikir gue (yang sekarang) lebih mengacu pada konsep dan membuat belajar jadi menyenangkan.

Oke, kayak segini aja tulisan mengenai pengalaman belajar gue dengan Zenius. Gue harap lewat tulisan gue ini orang-orang yang ngalami masalah kayak gue (seperti yang gue tulis diatas) bisa baca tulisan ini dan terbantu. Semoga Zenius juga bisa membantu kawan-kawan๐Ÿ˜€